Raldi A. Koestoer | Recently... | Elsewhere | Search | Login |

This is the area where you can put a text about yourself or your blog. You can change the colours and the layout as you like, but please keep the footer link the way the way it is so that other can find the way back to me. Thanks for using this theme, I really appreciate it. This theme is released under those Creative Commons terms of use. And now ENJOY and get blogging!

continue reading this article






fancy

Pengolahan Emas Proposal Kerjasama

18 09 2008

0

You are currently browsing comments. If you would like to return to the full story, you can read the full entry here: “Pengolahan Emas Proposal Kerjasama”.

categories Published under: Pengolahan Emas
Tags:


Leave a message or two

This post was written on the Thursday, September 18th, 2008 at 1:38 pm and categorized under Pengolahan Emas. You can follow the ongoing discussion by subscribing to the RSS 2.0. You can leave a reply, or Trackback.


No comment



  1. sumantri wrote on 08. October 2008 at 8:21 pm o'clock                  

    saya punya bahan emas yang belum dipisahkan (batuan mengandung emas) sudah dicek di toko emas , bisa kasih tau untuk menjadikan emas murni atau pemisahan atau kerjasama….saya tunggu secepatnya… batuan ada kira2 10 karung..
    bisa hub saya di 085730099179 …trims

  2. A. Firdaus wrote on 12. October 2008 at 3:19 pm o'clock                  

    saya mempunyai bebatuan yang diperkirakan mengandung emas bagaimana cara mengujinya dan apakah anda bisa membantu untuk mengolahnya.
    terima kasih

    Firdaus

  3. any wrote on 15. October 2008 at 10:49 am o'clock                  

    Adik saya adalah pengusaha pengolah limbah emas untuk dijadikan emas. Apabila anda mempunyai bahan bakunya bisa menghubungi Lian 085248455003

  4. maida wrote on 20. December 2008 at 11:33 am o'clock                  

    pak koestoer, klo nggak bisa di masukin ke blog , anda bisa menggunakan Fasilitas download dan masukan ling download nya keblog ini. maksi..

  5. koestoer wrote on 20. December 2008 at 11:01 pm o'clock                  

    @ maida,
    nanti sy cobaya, tolong dibantu. TQ.-

  6. lukas st wrote on 28. December 2008 at 8:45 pm o'clock                  

    Pak koestoer, bulan lalu saya pulang dari timika dan membawa pasir residu PT freport(tailing) bisa atau tidak bapak membantu saya untuk mengetahui kandungan logam apa saja yg ada didalamnya dan cara memisahkan kandungan logam dengan emasnya. Thanks ditunggu Emailnya

  7. Sri 'BRAM'antoro A wrote on 29. December 2008 at 3:53 pm o'clock                  

    Pak Lukas, pasir residu itu memang harus diuji di-lab dulu untuk mengetahui kandungan mineral/logam apa saja yang ada di sana. Di Dept. Metalurgi dan Material Teknik-UI bisa mengujinya, barangkali bisa kami bantu..

  8. anto wrote on 03. February 2009 at 8:39 am o'clock                  

    aku punya limbah pongolahan galena, dari hasil analisa ada unsur Au, gimana proses pengolahanya agar Aunya bisa diambil….
    mohon dibantu
    suwun….

  9. karma wrote on 07. February 2009 at 4:17 am o'clock                  

    Maaf mas. saya mau nanya nie gimana sih cara mengolah batu2na yang mengandung emas dan memisahkan semuan unsur logam lainnya. kalo boleh tau gimana sih alatnya., terimakasih atas bantuannya….

  10. rei wrote on 23. February 2009 at 10:45 am o'clock                  

    hello mas aku punya batu yang diperkirakan mengandung emas, bagaimana caranya memisahkan kandungan emasnya dengan kandungan lainnya? dan bagaimana membuat serbuk emas yang sudah dipisahkan menjadi gumpalan-gumpalan emas lagi? terima kasih banyak atas bantuannya.

  11. deni wrote on 27. February 2009 at 8:57 pm o'clock                  

    Pak koestoer saya mempunyai sekarung tanah dari irian yang mengandung unsur emas.Bagaimana cara memisahkan kandungan emas dari unsur lainnya?

  12. deni wrote on 27. February 2009 at 8:58 pm o'clock                  

    Tolong kirimkan jawabannya di e-mail saya ya…

  13. mastur wrote on 03. March 2009 at 12:49 pm o'clock                  

    Kepada Yth, Bpk.Sri Bramantoro Abdinagoro Ir MBA

    Kebetulan kami ada batu Tembaga Yang mengandung unsur LOGAM, saya pribadi ingin mencoba proses sendiri dengan sistem yang bapak punya,

    Dan kami tertarik dengan pengolahan sistem KIMIA ini,
    Mohon sekema yang seder hana dan Takaran ZAT kimianya dan Jenis ZAt yang di gunakan. maaf kami buta kimia,

    Mohon dengan sangat Skema Pengolahan Emas dan tahapannya.

    Sebelumnya terimakasih atas bantuannya,

    Mastur
    mastur5758@yahoo.co.id
    081803059221

  14. ari wibowo wrote on 11. March 2009 at 10:44 am o'clock                  

    Pak LUKAS,

    Kalo pasir residu dari tailing Pt Freeport itu ada kandungannya Emas,cuma jumlahnya dalam ppm enggak pasti.

  15. ali musthofa wrote on 30. March 2009 at 3:01 pm o'clock                  

    Dear Pak Koestoer,

    saya ada bahan batuan mengandung emas dan pasir hitam yang diperoleh dari penambangan emas sistem gravitasi untuk menguji kandungan Au dari masing-masing bahan tersebut bagaimana. dan apakah dr kedua bahan tsb kalau mau mengambil emasnya mesti dengan cara membuat biji sulfida dulu ?

    tks. atas penjelasannya.

    Salam

  16. dwi haryatmo wrote on 22. April 2009 at 2:43 pm o'clock                  

    daerah saya ada tambang emas rakyat tapi pengolahan dgn sederhana dgn bantuan raksa.metode apa yg tepat agar mendapatkan emas maksimal.ditunggu kerjasamanya.terimakasih

  17. Usup wrote on 01. May 2009 at 9:16 pm o'clock                  

    Kami tertarik dengan pengolahan sistem KIMIA ini,
    Mohon sekema yang seder hana dan Takaran ZAT kimianya dan Jenis ZAt yang di gunakan. maaf kami buta kimia,

    Mohon dengan sangat Skema Pengolahan Emas dan tahapannya.

    Sebelumnya terimakasih atas bantuannya,

    Usup
    rangkasbitunger@yahoo.com

  18. robbani wrote on 03. May 2009 at 10:00 pm o'clock                  

    mohon tanya mas, Saya ada limbah dr pengolahan mas tambang rakyat gimana cara misahkan mas dg logam lain apa jenis kimianya? maaf saya buta kimia. thanks. Salam mohon jawabannya lewat email saya: masmut@yahoo.com

  19. Albert wrote on 07. May 2009 at 4:08 pm o'clock                  

    Saya punya batu dan tanah ( banyak terdapat butiran2 kasar logam berwarna kuning emas ). hanya saya tidak tau cara mengolah supaya emas yg terambil bs maksimal. Sedangkan dengan sistem air raksa saya merasa masih banyak yg terbuang. dan saya dengar ada zat kimia lain yang dicampurkan ke air raksa supaya daya tangkapnya bs lebih kuat.
    Mohon bantuannya mas.

    Trims banyak sebelumnya,
    Albert

  20. Linda wrote on 15. May 2009 at 5:24 am o'clock                  

    Tlng informasi tentang cara dan bhn kimia untk mengambl emas dari galena.trmksh

  21. Linda wrote on 15. May 2009 at 10:33 pm o'clock                  

    Pak,sy skrng sdng mengolah galena memakai tungku,tetapi hslnya blm maximal.sy ingin tanya apa bpk punya cara untk mengolah galena dngn biaya yg murah,dan bgmn cr mengambl emas dr galena,apakah ada tambhn bhn kimia atau ada cr yg lain.sy sngt membthkan informasi dr bpk.email sy aslindawati@yahoo.com atau blh jg hubngi no hp sy 081345234823, trmksh sblmnya.

  22. teguh wrote on 21. May 2009 at 10:17 am o'clock                  

    saya punya bahan tambang yang diperkirakan ada emasnya cuman aku bingung gimana cara mrngolahnya, aku ga mau dijual ke pihak2 asing…

  23. teguh wrote on 21. May 2009 at 10:23 am o'clock                  

    luas yang aku miliki ada sekitar 3 Ha, tapi diperkirakan yang mengandung unsur yang sama itu ada sekitar 6 s/d 8 ha.. mohon bantu saya ginama cara pengolahannya email saya bcmedia@telkom.net hp. 081391418418 … kalo ada temen2 yang respon terhadap saya bisa kerjasama yang baik. thanks.

  24. Dian wrote on 22. May 2009 at 2:11 pm o'clock                  

    Pengolahan emas ada berbagai banyak cara tuh pa teguh…

    1. Cara yang termudah adalah menggunakan merkuri saja. Mineral batunya ditumbuk hingga seperti tepung dan lalu dikasih merkuri deh. Tepung batu tadi dimasukin ke dalam wadah dan digoyang-goyang biar emasnya ngumpul dengan merkuri (bukan goyang inul lohk). Setelah digoyang-goyang, lalu disaring deh pake kain halus, kain sutra aja deh.

    2. Cara kedua, dengan proses pelindian. Yaitu dengan menggunakan sianida. Prosesnya agak ribet sih.

    3. Cara yang lebih rumit lagi, yaitu dengan sianida dan soda api. Terus disetrum deh. Bingung yah pa….?

    Pesan saya sih….JAGA LINGKUNGAN. TERAPKAN AMDAL meskipun dengan uang yang pas-pas-an. Lingkungan bukan hanya untuk massa kita saja, tapi untuk cucu dan cicit kita nanti.

  25. akil rozha wrote on 28. May 2009 at 8:35 pm o'clock                  

    saya dengan 2 orang teman melakukan perjalanan dengan menyewa speed boat 26 mei 2009. kami masuk kedaerah pedalaman. kami mengambil sample tanah yang mengadung butiran emas. saya juga membuat fhoto dan video untuk dokumentasi. mudahan ada yang tertarik mengolah biji emas tersebut.. kami menunggu mudahan-mudahan ada yang berminat untuk membantu masyarakat dalam mengelolah. sehingga masyarakat bisa memanfaatkan tanah leluhurnya untuk kehidupan.
    akil.rozha@yahoo.com

  26. teguh wrote on 29. May 2009 at 9:42 am o'clock                  

    Trimakasih atas jawabannya dari mba’ dian ato ms dian. Kalo boleh tau harga merkuri itu berapa belinya dimana.., apa ga ada pertanyaan2 saat order barangnya?

    trus pertanyaan lagi, kalo menggunakan gelondong pake air raksa itu peralatannya mahal tidakya? kalo ada temen yang bisa tau belinya dimana dan harganya berapa .. bantu aq dunkz.. moga2 terkabul tambang milik rakyat dan bukan milik BULE … hehehe

  27. dian wrote on 30. May 2009 at 9:32 pm o'clock                  

    Sepengetahuan saya sih merkuri memang dilarang menurut Perda. Akan tetapi jangan khawatir, pengolahan emas itu bisa dilakukan dengan banyak cara kok.

    Memang merkuri itu dilarang, akan tetapi masih banyak yang menjualnya kok. Kenapa merkuri itu masih dijual? Sebetulnya, merkuri itu tidak dilarang untuk dijual akan tetapi dilarang untuk menyalahgunakan merkuri (itu menurut saya lohk, maap kalau saya salah). Menggunakan merkuri untuk pengolahan emas, itu adalah dilarang (setahu saya).

    Merkuri dijual di toko2 emas. Harganya ga beda jauh dengan perak. Tapi sebaiknya gunakan cara lain saja untuk mengolah emas yahhhh…….. cara yang tidak dilarang undang-undang.

    Gelundungan atau grindil itu gunanya untuk proses milling atau memperkecil ukuran mineral batu lohk. Kalau untuk proses amalgamasi emas, ga pake gelundungan juga bisa kok.

    Gelundungan bisa dibuat sendiri kok. Ga mahal kok buatnya. Paling 1,5 juta juga udah jadi. Alat2 yang diperlukan untuk pembuatan gelundungan :
    1. Satu buah Dinamo 1 Pk atau 3 PK (tergantung kapasitas produksi yang diinginkan)
    2. Pelor besi atau besi as.
    3. 2 buah laher duduk
    4. 2 buah Poly
    5. Panbelt
    6. Kayu atau besi sebagai meja.
    7. Pipa besi berdiameter 30 cm atau lebih (tergantung kapasitas produksi yang diinginkan).

    Pada prinsipnya, gelundungan adalah pipa besi yang besar dan berputar2, di dalam pipa besi tersebut ditaruh pelor besi atau besi ash sebagai penghancur.

    Kalau masih bingung, saya juga bingung deh ngejelasinnya lagi……hehehe. Telp aja ke 085693000374

  28. Adipatria wrote on 31. May 2009 at 12:56 pm o'clock                  

    Daripada Bikin Gelundung sendiri .. ribet mending pesen atau beli yang udah jadi ..aja di Daerah Bogor Banyak tuh … di cinangneng arah Leuwiliang … tinggal hancurin bahan emas masukkin gelundung ..campur dengan merkuri … biarkan dhancurkan oleh gelundung selama kl 7-8 Jam .. buang ampasnya . nah yang tersisa tingal merkuri yang sudah bercampur emas .. peret pake bahan kain yang tipis .. lalu bakar /gebosss .. jadi deh emas .. tapi ampas ..sisa dari gelundung jangan dibuang .. suatu saat diolah lagi .. bisa jadi emas lagi walaupun dengan kadar yang lebih rendah …

  29. macx wrote on 11. June 2009 at 5:33 pm o'clock                  

    selamat sore…
    saya cuma pengen tahu cara pemisahan emas dan perak dari logam logam lain dengan menggunakan teknologi yang ramah lingkungan
    thanks untuk jawabannya

  30. dodo wrote on 21. June 2009 at 2:29 am o'clock                  

    SALAM KENAL PAK….

    saya pernah mencoba mengolah bahan konsentrat
    dari freeport…tapi kenapa ya pak…setelah saya bakar untuk di jadikan logam sangat sulit…logam tersebut malah masih seperti timah…tapi logam tersebut saya masukkan larutan asam nitrat sama sekali tidak hancur….

    Yang pingin saya tanyakan pada bapak:

    1. Termasuk jenis logam apakah itu pak….
    2. Apakah logam tersebut dalam peleburannya
    kurang cukup panas…karena saya
    menggunakan las berbahan elpiji
    3. Bagaimana cara mengolah konsentrat tersebut
    dengan benar….

    saya minta tolong penjelasan bapak…email saya aphyco@yahoo.co.id

  31. Sri BRAMantoro Abdinagoro wrote on 23. June 2009 at 3:23 pm o'clock                  

    Pak Dodo dan teman-teman yang lain,

    Memang “batuan” emas menggiurkan ya?
    Saya mau meringkas sedikit, karena pada umumnya pertanyaannya adalah bagaimana mengolah batuan yang diduga mengandung emas.

    Memang untuk mengetahui apakah batuan tersebut mengandung emas atau tidak, ya kita uji kandungan komposisinya… bisa dengan alat AAS atau XRF ini bisa ditemui di lab-lab logam, misal di BATAN, Perguruan TInggi (umumnya di Fak Teknik atau MIPA).

    Dari hasil ini, baru bisa kita lihat berapa kandungan emasnya, dan tentu kandungan unsur-unsur lain, seperti Perak dlsb.

    Bagaimana mengolah?

    Ada banyak metode mengolah batuan. SUI mengembangkan dengan metode selective floatation (flotasi). Intinya, unsur logam yang ingin kami ambil akan dipilih untuk “mengambang” dengan reagen kimia tertentu, sehingga mudah diambil. Nah, sampai sini kita dapat “konsentrat”nya.

    Mengenai logam tidak dapat dilebur, ya itu tadi Pak… kita kan tidak tahu jenis logamnya apa sehingga kita tidak tahu berapa titik leburnya…
    Harus diuji komposisi dulu pak.

  32. hatta wrote on 25. June 2009 at 10:21 pm o'clock                  

    maaf mas,boleh sy minta info lebih lengkap tentang mengolah tanah lumpur emas tersebut? soalnya di daerah sy terdapat lumpur hasil gelondongan(olahan) emas yang banyak. biar tidak menganggu yang lain,tolg kirimin ke email (radenwirame@yahoo.com) ya mas.. trimksh sebelumnya..

  33. chandra wrote on 26. June 2009 at 11:08 am o'clock                  

    saya pengusaha emas dan sedang mencari kolega untuk bekerja sama. saya siap mengirimkan profil dan data-data pendukung lainnya untuk lebih meyakinkan. lokasi tambang itu sendiri terletak di desa Tobongong Kec. Modayag Kab. Bolaang Mongondow Timur Prov Sulawesi Utara.
    No Hp. 085657328505

  34. dodo wrote on 28. June 2009 at 2:46 am o'clock                  

    TERIMA KASIH ATAS INFO YANG BAPAK BERIKAN KARENA SEMAKIN MENAMBAH PENGETAHUAN SAYA…

    Saya sekarang memang sedang mencoba membangun usaha mengolah bahan tambang dalam skala kecil. dalam proses mengolahnya saya menggunakan tungku berbahan baku briket

    Metode yg kami gunakan dengan cara melebur secara langsung batuan yg telah di lembutkan tersebut, sampai semuanya menjadi logam tanpa mengikat dulu dengan menggunakan air raksa. kemudin semua unsur logam itu saya pisahkan satu persatu, seperti tembaga ,perak , emas , dsb. dalam hal ini tentunya juga dengan menggunakan bahan2 larutan kimia.

    Saya memang mengetahui cara itu saja untuk mengolah. Menurut bapak efektifkah cara ini ?

    Apakah bapak punya metode lain yg bapak gunakan dalam mengolah bahan tambang ?
    sehingga saya dapat mempelajarinya..

    Atas tanggapan bapak saya mengucapkan banyak terima kasih. SALAM .

    aphyco@yahoo.co.id

  35. vino wrote on 28. June 2009 at 2:57 am o'clock                  

    waahhhhhhh….info yg menarik sekali….

    ….GALI POETENSI ALAM NEGERI KITA JANGAN SAMPAI DI REBUT INVESTOR ASING….

    CAYOo…

  36. dodo wrote on 28. June 2009 at 3:08 am o'clock                  

    Untuk saudara Chandra ,dalam bentuk apakah bahan tambang tersebut….Saya sekarang juga dalam kondisi agak sulit dalam pencarian bahan…
    karena bahan2 yg saya proses sedikit sekali kandungan emasnya….

    Dan proses pengolahannya saya berada di kota MALANG.

    Thk’s

  37. Dian wrote on 28. June 2009 at 12:54 pm o'clock                  

    Hallo my friends
    Saya seneng nih baca2 tulisan dlm blog situs ini, menurut saya sih seru. Sampai2 hampir tiap hari saya buka2 blog ini.

    About a gold ore, saya membaca tulisan diatas, ada yg mengolahnya dgn sistem pembakaran langsung (PIRO METALLURGI), ada jg yg melakukannya dgn teknik hidrometalurgi. Intinya, semua pengolahannya tdk terlepas dr proses oksidasi. Bkn begitu kawan?

  38. Wildan wrote on 06. July 2009 at 10:19 pm o'clock                  

    Pak maaf mau tanya gimana cara beli software emas nya, apa ada cara pengolahan batu mengandung emas dan pengolahan limbah batu emas skali lagi maaf. karena Saya tak tahu cara mengolah limbah batu emas scara maximal n brapa harganya? makasih. Wassalam. wildan.

  39. titi wrote on 12. July 2009 at 12:12 am o'clock                  

    saya mau ikutan ya. saya sdh mencoba dgn glundungan, hsil nya gak terlalu baik. saya coba dgn sistem karbon, tp malah gagal…. skrg sy lg coba dg sistem rendam….. semoga ini bisa lbh baik. pertanyaan saya apa sistem yg paling baik utk pengolahan au jenis sulfida ini? ppm nya bagus 92. mohon saranya pak. tq

  40. Budi wrote on 14. July 2009 at 10:11 am o'clock                  

    Saya dagang bahan kimia, akhir2 ini banyak cust yang menanyakan pd saya bahan bahan kimia yg di butuhkan untuk mengolah emas pada batuan. Saya memang menyediakan bahan – bahan kimia tersebut spt : Mercury, NaCn, Carbon Active, NaOH, KNO3, Borak, HNO3, H2SO4 dll. Akan tetapi saya tidak mengerti cara pemakaiannya, tolong di bantu biar saya bisa jelaskan ke cust saya. 081 2351 6851 / cdsantosa@yahoo.com. Thx

  41. St.P. Sipahutar wrote on 14. July 2009 at 11:05 am o'clock                  

    Saya punya batu yang diduga punya kandungan emas. Adakah sdr yang dapat membantu saya untuk memberitahu cara mengolahnya..? Saya sangat berharap ada yang berkenan. Batu saya ambil dari Sumatera Utara- Tobasa (Parsoburan) mohon hubungi saya di No. 0813 1871 2837. (ctt saya buta kimia)

  42. boedy wrote on 17. July 2009 at 1:28 pm o'clock                  

    Kami menyediakan bahan – bahan kimia yang di butuhkan untuk pengolahan emas. Telp 081 2351 6851

  43. epok wrote on 20. July 2009 at 2:14 pm o'clock                  

    pak saya berasal dari cikotok propinsi banten selatann saya memiliki lumpur hasil pengolahan batuan emas dengan teknik ‘gulundung’. di desa saya sekarang ramai mengolah kembali lumpur tersebut ‘ hasil gulundung’ dengan teknik rendam yang di campur dengan zat kimia. saya tertarik dengan cara pengolahan tersebut tetapi saya tidak tahu zat kimia apa saja yang mesti di campurkan berapa persentase nya dan proses pengolahannya. mohon bantuannya pak. sebab di desa saya yang mengujinya dan mengolahnya investor dar luar yaitu dari korea dan cina sehingga saya sulit untuk mendapat informasi lebih jauh. sebelumnya saya sampaikan terimakasih atas informasinya.

  44. ARRY wrote on 22. July 2009 at 9:29 am o'clock                  

    pak,bisakah bapak membantu untuk mengolah konsentrat emas ,sy sudah teliti dan hasil nya 12 ppm,
    1.berapakah kira2x persen w/w nya?
    2.metoda apa yang tepat?
    3. bisakah bapak membantu saya??
    bapak bisa menghubungi saya di madlax_hard@yahoo.com
    atau 02292824826
    thx

  45. Niken wrote on 22. July 2009 at 10:11 am o'clock                  

    Saya baru tau kalo ada milis khusus tentang pengolahan emas nih…

    Saya butuh bantuan nih…

    Kebetulan saya dikasih tugas untuk analisa tanah yang diduga ada kandungan emasnya.
    Tapi mungkin karena kandungan emasnya kecil jadi susah terdeteksi.

    Pertanyaan :
    Pak, gimana ya caranya untuk meningkatkan konsentrat emasnya dengan cara menghilangkan pengotornya.
    Kalo liat dari tulusan2 di atas ada yang pakai Hg ato sianida, ato kimia lainnya.
    Boleh tau proses lengkapnya gak???
    dan komposisi zat kimianya…
    Plz
    Trims…

  46. Handoko wrote on 23. July 2009 at 12:39 am o'clock                  

    Selamat malam semuanya,
    Saya setuju dengan saudara Epok tentang teknik rendam yg dilakukan oleh investor asing (cina & Korea) selama ini memang teknologi yg mereka gunakan selalu mereka rahasiakan rapat2 sehingga kita tidak bisa mengetahui metoda yg mereka lakukan. Padahal menurut perkiraan saya metoda yg mereka lakukan yang paling efisien dari segi waktu, hasil dan mungkin biaya produksinya/investasinya. Mohon kiranya Bp Sri Bramantoro Abdinagoro Ir MBA & Bp Ramadita Budhi ST MM mau membagikan kepada kami metode yang mereka lakukan supaya kami boleh memiliki daya saing yg lebih berimbang dengan para investor asing tersebut.

    Terima kasih sebelumnya

  47. Nofrizaldy wrote on 24. July 2009 at 12:56 am o'clock                  

    Selamat Malam para pengelola Rubrik Ini,
    Saya baca di UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA, NOMOR 4 TAHUN 2009, TENTANG
    PERTAMBANGAN MINERAL DAN BATUBARA, pengolahan diizinkan untuk Pertambangan Rakyat. Pertanyaan Saya, Organisasi Atau Jenis Usaha bagaimana yang diizinkan ?. Terus Kalau Bisa saya Minta Contoh Proposal ke Pemerintah tentang izin usaha pertambangan rakyat.

    ———————-
    Ada yg punya contohnya ? boleh kirim, nanti sy upload.-

  48. ima wrote on 27. July 2009 at 9:56 am o'clock                  

    Kepada Yth, Bpk.Sri Bramantoro Abdinagoro Ir MBA

    Kebetulan kami ada batu Tembaga Yang mengandung unsur Emas dari Tembagapura, saya mau lebur or jual, apakah bisa

    —————-
    kalau jml nya diatas 10 ribu ton itu baru worth it…

  49. dwi wrote on 03. August 2009 at 11:58 am o'clock                  

    saya tertarik dengan comment temen2 sy juga lg bingung nich,sy dapat tanah sekitar 1 karung yang setelah diuji lab mengandung emas skitar 7 persen.kt coba mengolah dgn sistem tradisional dicampur dengan air keras,tapi setelah dibakar sepertinya unsur besinya menyatu lg buktinya sy dekatkan dengan magnet nempel . bgnman solusinya pak…. terimakasih kepada teman teman yang mau bantu…0818237882

  50. Alit wrote on 04. August 2009 at 8:46 am o'clock                  

    bagaimana cara mengolah batuan yang mengandung emas. bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan. campuran untuk 50 kg,berapa banyak dubutuhkan uantuk mengolahnya. trimakasih.

    kirim ke:keto_kone@yahoo.com

  51. Dodi Efendi wrote on 11. August 2009 at 7:16 am o'clock                  

    pak bramantoro, untuk pengolahan sistem rendam bahan kimia apa saja yang dipakai dan takarannya? terima kasih.

  52. ndang wrote on 22. August 2009 at 6:52 am o'clock                  

    pak Bram saya punya lumpur emas, bagaimana bentuk kerja sama yang bisa kita lakukan, dilombok lagi booming emas dan kandungannya melebihi yang ada di gn pongkor..bisa dengan sistim perendaman di kolam pak?

  53. Davit wrote on 27. August 2009 at 7:23 pm o'clock                  

    Komentar diatas asik2. tapi saya jg bingung gimana cara pemisahan emas dan perak yang ekonomis, gampang dan ramah lingkungan. Soalnya saya punya Emas campur Perak berbentuk lempengan logam. Ada yang bisa bantu??? Bisa kirim di pakd@telkom.net
    Terima Kasih.

  54. vino wrote on 29. August 2009 at 6:54 am o'clock                  

    Pak Bram saya pengen tau warna pada konsentrat yg mengandung emas itu berupa apa….dan bewarna apa???…

    terima kasih.

  55. moh lukman wrote on 24. September 2009 at 10:28 am o'clock                  

    saya bisa olah emas dengan kimia cara avogadro hub.saya di 021-97886940

  56. Lukas wrote on 24. September 2009 at 4:48 pm o'clock                  

    Saya punya limbah emas yg diproses dng mercuri,sy ingin mengolah limbah tersebut dengan metode hydrometalurgi,bagaimana caranya,
    tolong hub saya via email atau hp saya +62811141456.trimakasih

  57. lara dewi amilia wrote on 02. October 2009 at 9:36 am o'clock                  

    Saya mau tanya,senyawa kimia apa yang digunakan untuk memebuat larutan standar Emas (Au) untuk pengukuran dengan AAS.
    terima kasih,.

  58. galuh love physics wrote on 20. January 2010 at 2:38 am o'clock                  

    gitu ternyata caranya, aku tau teorinya emang kalau ngolah emas harus pakai raksa, tapi sekarang jadi lebih tau proses penyaringannya juga, thanks

Name (required)

Email (required)

Website



XHTML: The following tags are allowed:

    <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Please leave a comment








  • Categories

  • Tags

  • Archives