Raldi A. Koestoer | Recently... | Elsewhere | Search | Login |

This is the area where you can put a text about yourself or your blog. You can change the colours and the layout as you like, but please keep the footer link the way the way it is so that other can find the way back to me. Thanks for using this theme, I really appreciate it. This theme is released under those Creative Commons terms of use. And now ENJOY and get blogging!

continue reading this article






fancy

Stoppress Energi jadi BukanEnergi

28 02 2009

56

KUCENING (Kuliah Ceramah dan Training)

Statistik Tulisan di Blog Ini

Saya tampilkan berikut ini sedikit statistik tulisan di blog ini kemarin tanggal 25 April 08 hari jumat.-

Kemarin

Judul Tampilkan  
Untuk ILUNI FTUI 40 More stats
PERPINDAHAN KALOR DI ALAM PLATO 20 More stats
6 Dekan Bambang 15 More stats
HARINALDI 14 More stats
Ptek 12 More stats
Energy 10 More stats
YULIANTO 9 More stats
PIDATO PENGUKUHAN 14 FEB 07 7 More stats
Kuliah/Ceramah/Training 5 More stats
Getting

Untuk Iluni FTUI  teks itu baru saya tempel 1 hari atau mungkin 24 jam k.l. tapi yang banca sudah ada 40 orang.

Perpindahan Kalor di Alam Plato, paling banyak di baca orang. Sudah berbulan-bulan tetap saja di papan atas menduduki statistik no 1 atau no 2. Semoga bermanfaat.-

Ini underline nempel terus mau ngilanginnya gak bisa… yaudah biarin aja deh.

=0=

Kalau mau lihat ceramah di Graha Kapital Kemang:

http://koestoer.wordpress.com/dr-ir-engkos-kosasih/ceramah-graha-kapital/

 

=0=

Kandungan Air Keseimbangan (Equilibrium Moisture Content) 

Oleh: Dr Ir Engkos Achmad Kosasih  

Suatu bahan bisa terdiri dari bahan tersebut dan air yang dikandungnya. Jadi massa total bahan adalah massa bahan tersebut (disebut massa kering) ditambah dengan massa air yang dikandungnya. Yang dimaksud dengan kandungan air (moisture content = MC) dalam suatu bahan adalah massa air yang dikandung dibagi dengan massa total, moisture content ini disebut sebagai MC basis basah. Sedangkan MC basis kering adalah massa air yang dikandung dibagi dengan massa kering bahan.Terdapat tiga jenis air yang dikandung oleh suatu bahan yaitu air hydrasi, air terikat dan air bebas. Air hydrasi adalah air yang secara kimia terikat dengan bahan dan pada umumnya tidak dimasukkan dalam kandungan air, tapi dianggap sebagasi bagian integral dari bahan. Jadi pada umumnya massa air ini termasuk kedalam massa kering. Air terikat adalah air yang diikat oleh bahan karena adanya efek kapiler dan ikatan hydrogen, gaya van der Waals dan ikatan ikatan ion dan polar.Air bebas adalah air yang dikandung oleh bahan dan terlarut dalam bahan karena adanya rongga dan kapiler yang lebar dalam bahan.Jadi kandungan air yang paling kuat diikat oleh bahan, bahkan disebut sebagai bagian integral bahan adalah air hydrasi. Sedangakan yang diikat secara lebih lemah adalah air terikat, tekanan uap dari air yang dikandung ini kurang dari tekanan uap air murni. Dan tentu saja kandungan air yang paling diikat paling lemah oleh bahan adalah air bebas. Tekanan uap kandungan air ini adalah sama dengan tekanan uap dari air murni.Jika suatu bahan disimpan dalam suatu tempat pada suhu dan kelembaban relatif RH yang konstan maka kadar air bahan tersebut akan menuju suatu keseimbangan dengan lungkungannya. Kadar air ini disebut sebagai kadar air keseimbangan (Equilibrium Moisture Content = EMC). Jadi EMC adalah kandungan air dari suatu bahan yang disimpan di suatu tempat dalam jangka waktu tak hingga. Seperti disebutkan di atas, EMC ini tergantung pada suhu dan RH lingkungan. Jika suatu bahan dyang sudah mencapai keseimbangan dengan suatu lingkugan dipindahkan ke lingkungan dengan suhu yang atau RH yang berbeda maka bahan tidak berkeseimbangan dengan lingkungan tersebut. Misalnya jika lingkungan yang baru tersebut lebih panas atau RH lebih kecil maka air dalam bahan akan menguap atau MC-nya akan turun dan dalam waktu tak hingga akan mencapai EMC yang baru. (source: Food Drying and New Drying by Mr X).

========================================= 

Prof Engkos Kosasih.- 

Kuliah tentang Equilibrium Moisture Content.-

Pasca Sarjana Fak Teknik Univ Indonesia.-

[youtube=http://www.youtube.com/v/2iu8vBn-wVg&hl=en]

categories







  • Categories

  • Tags

  • Archives